Khatam Al-Qur’an Madrasah Ibtidaiyah Swasta rahmah El Yunusiah tahun 2022

WhatsApp Image 2022-06-28 at 2.09.58 PM 6

            Kepala kantor kementrian agama Kota Padang Panjang yang diwakili oleh pengawas Madrasah Agus Nasution membuka langsung Khatam Al-Qur’an siswa Madrasah Ibtidaiyyah Swasta Rahmah El Yunusiyyah (MIS REY) Padang Panjang, pada (28/06) di Aula Zainuddin Labay. Peserta khatam tahun ini berjumlah 39 orang, berasal dari siswa kelas lima. Bertemakan “mewujudkan generasi qur’ani menjadi insan yang mulia”. Generasi qur’an mampu membaca Al-Quran memahami dan menjalankan aturan-aturan yang Allah berikan.

            Khatam Al- Qur’an merupakan salah satu bagian dari program rutin, satu kali setahun yang dirancang di Quba Kurikulum (quran, sunnah, qalbu, brain, attitude). Al qur’an dan sunnah memimpin untuk membangun qalbu yang sehat, qalbu yang sehat memimpin kerja otak atau brain yang akhirnya membuat anak mempunyai kehidupan yang baik atau akhlakul karimah.

WhatsApp Image 2022-06-28 at 2.09.58 PM 2

            Khatam tahun ini dihadiri oleh Kepala kantor kementrian agama Kota Padang Panjang yang diwakili oleh pengawas madrasah Agus Nasution, Pimpinan Perguruan Diniyyah Puteri, Kepala Departemen Pendidikan, Staf Ahli Pimpinan, guru dan karyawan Diniyyah Puteri , serta Wali murid.

            Pimpinan Diniyyah Puteri Fauziah Fauzan SE, Akt., M.Si mengatakan” terimakasih kepada orang tua yang sudah memberikan dukungan kepada anak-anak kita. Hari ini menjadi sejarah bagi anak-anak kita bahwa mereka membaca surat-surat cinta yang Allah turunkan dalam Al-Quran yang dibawa oleh Rasulullah SAW, Insyallah menjadi pedoman kita sampai akhir. Semoga kegiatan ini menjadi catatan bagian dari amal terbaik yang kita lakukan.” Ujarnya

            Salah seorang wali murid mengatakan “ alhamdulillah khatam tahun ini pesertanya lebih banyak dari yang sebelumnya. Mudah-mudahan persiapan khatam tahun depan lebih matang dan bisa terprogram lebih baik lagi kedepannya.” (Syifa Khaira Najwa/Diniyyah News Reporter)

           

Diniyyah Literacy Center Ikuti Workshop Cafe Agen Literasi

WhatsApp_Image_2022-06-28_at_14.37.24.jpeg

Tim Diniyyah Literacy Center (DLC) Perguruan Diniyyah Puteri lolos sebagai peserta Workshop Pengelolaan Kewirausahaan Cafe Agen Literasi yang diadakan UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta. Tim DLC yang lolos tersebut adalah Riki Eka Putra ST, Rahmi Yulianti S.Pd, Syifa Khaira Najwa, dan Tasya Sabila.

Peserta workshop diseleksi dari ratusan pendaftar dan akhirnya terpilih sebanyak 75 orang yang terdiri dari mahasiswa, ASN, owner coffe shop, dan pegiat literasi yang berasal dari Sumatera Barat. Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin-Rabu (20/06-22/06) di Balai Sidang Bung Hatta, Novotel Bukittinggi.

Workshop ini bertujuan untuk mendapatkan wawasan mendalam mengenai bagaimana pengelolaan dan pengembangan bisnis, proses design thinking, smart business map, branding, penguatan dan bedah program cafe agen literasi. Hadir sebagai narasumber yaitu Ryan Angkawijaya (CEO and Founder of Snazzy Boom), Kurniadi Ilham (Growth Manager from Kiracreativa), dan Muhammad Subhan (Literacy Activist).

Drs. Nur Karim, M. Hum selaku Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta mengatakan bahwa Sumatera Barat memiliki banyak cafe yang bagus, tapi tak banyak yang menerapkan literasi di dalamnya.

“Semoga dengan adanya workshop cafe agen literasi ini dapat meningkatkan literasi masyarakat, bangsa dan negara,” ujarnya.

Sementara itu, Riki Eka Putra, ST selaku Manager DLC yang juga merupakan seorang pegiat literasi sangat bersyukur bisa lolos mengikuti workshop. Menurut Riki, workshop ini bisa menambah wawasan tim DLC tentang konsep cafe agen literasi.

“Literasi sangat penting diterapkan supaya cafe tidak jadi tempat nongkrong dan bersantai saja, tapi bisa juga dijadikan tempat untuk menambah ilmu pengetahuan. Terlebih lagi saat ini, dimana tingkat literasi di Indonesia masih jauh tertinggal dibandingkan dengan negara lain,” jelasnya. (Syifa Khaira Najwa/Diniyyah News)

Santri dan Mahasiswi Diniyyah Puteri Lolos Seleksi Workshop Karya Tulis Ilmiah Bung Hatta

WhatsApp Image 2022-06-13 at 10.36.47 AM

Dalam rangka kegiatan Prioritas Nasional Tahun Anggaran 2022, UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta menyelenggarakan kegiatan Workshop Karya Tulis Ilmiah Populer Tentang Bung Hatta yang bertemakan “Merekam Jejak Sejarah Melalui Tulisan Ilmiah Populer.” Kegiatan ini bertujuan untuk membekali peserta atau masyarakat untuk dapat menggali potensinya sehingga menghasilkan karya berbentuk tulisan dan menjadikannya sebagai peluang usaha dan sekaligus mendekatkan generasi muda kepada sosok Bung Hatta.

Peserta Workshop Karya Tulis Ilmiah ini diseleksi dari sekian banyak pendaftar dan akhirnya terpilih sebanyak 75 orang. Pesertanya mulai dari siswa SMP, SMA, mahasiswa, guru, ASN, dan penggiat literasi yang berasal dari Sumatera Barat dan Sumatera Utara. Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin-Rabu (06/06-08/06) di Hotel Novotel Bukittinggi.

lit1

 

Santri dan mahasiswi Diniyyah Puteri yang lolos adalah Syakira Illona Iqvel dan Syahiidah Naura El Khaer (MTsS DMP), Fazatil Husainah dan Nadia Izzati Firmansyah (MAS KMI), serta Syifa Khaira Najwa, Alya Br. Panjaitan, dan Cut Harfida Yanti (STIT).

Drs. Nur Karim, M. Hum selaku Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta mengatakan, “Sumatera Barat banyak memiliki penulis-penulis hebat. Semoga ajang ini bisa melahirkan penulis-penulis yang mengharumkan ranah Minang.”

Sementara itu, Alya Rahman Br. Panjaitan, salah seorang peserta yang berasal dari STIT Diniyyah Puteri mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan ajang mencari ilmu menulis baginya. Ia berharap semoga dengan adanya pelatihan ini bisa mengembangkan kemampuannyadi bidang menulis sehingga dapat membanggakan nusa dan bangsa.(Syifa Khaira Najwa/Diniyyah News)

Santri Diniyyah Puteri Menangkan Lomba Teknologi Tepat Guna

WhatsApp_Image_2022-06-01_at_10.38.06.jpeg

Selasa, 31 Mei 2022 santri Diniyyah Puteri memenangkan lomba Teknologi Tepat Guna kategori pelajar di lingkungan Kecamatan Padang Panjang Barat  yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Padang Panjang Barat. Santri yang diutus mengikuti perlombaan terdiri dari dua kelompok, pertama dari Madrasah Aliyah Swasta Kulliyatul Muallimat El Islamiyah (MAS KMI) Diniyyah Puteri  dan kedua dari Madrasah Tsanawiyah Swasta Diniyyah Menengah Pertama (MTS DMP). Kelompok pertama MAS KMI diwakili oleh tiga orang santri yaitu Tifani ariani Ahmad, Zeta Zhafira, dan Raisa Indah Kamila. Kelompok kedua MTsS DMP diwakili oleh Dzakiyyah Amirah Faatin, Nawra Asyifa dan Nazifa Yazu Ariesta.

WhatsApp_Image_2022-06-01_at_10.38.05.jpeg

Lomba yang diadakan oleh Kecamatan Padang Panjang Barat yang berkolaborasi dengan Posyantek Padang Panjang Barat ini bertujuan untuk menumbuhkan motivasi peserta dalam menghasilkan inovasiteknologi tepat guna untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, nilai tambah dan mutu hasil produksi.

 Pada perlombaan ini, Tim MAS KMI yang berhasil meraih juara pertama membuat produk authomatic clothesline yaitu jemuran otomatis yang tepat digunakan di negeri dingin Padang Panjang. Kelompok kedua tim MTsS DMP yang berhasil meraih juara ketiga membuat sebuah produk absensi digital yaitu sebuah absen yang bisa digunakan secara online.(Tasya Sabila/DiniyyahNews)

    

You are here: Home News and Events