Hiking Literasi Santri Diniyyah Puteri ke Kota Padang

WhatsApp Image 2023-10-04 at 14.07.40

DiniyyahLiteracy Center (DLC) Diniyyah Puteri Padang Panjangmerupakan salah satu unit otonom yang ada di Perguruan Diniyyah Puteri. Unit ini mengampu bidang literasi. Berbagai program diadakan oleh DLC guna penunjang literasisantriDiniyyah Puteri. Salah satunya yaitu program HikingLiterasi.

Hiking Literasi merupakan program rutin yang diadakan DLC untuk santri Diniyyah News Teen (Dinteen) binaan DLC khusus bidang menulis. Kegiatan ini diadakan di 3 kota yakni Padang Panjang, Bukittinggi, dan Padang.

Jum’at (29/9/23) program Hiking Literasi dilaksanakan di Kota Padang dengan 21 orang peserta beserta pembimbing. Sebelum turun ke lapangan, semua peserta diwajibkan membaca beberapa artikel terkait rute yang akan dikunjungi. Diantaranya, Museum Adityawarman, Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, Pasar Tanah Kongsi, Kota Tua, Jembatan Siti Nurbaya, Bukit Gado-gado, dan Gunung Padang.

Manager DLC, Riki Eka Putra, ST menjelaskan hikingliterasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan para santri terhadap berbagai lokasi di sekitarnya. Selain diwajibkan membaca berbagai artikel sebelum berangkat, peserta harus mengamati dan melakukan wawancara dengan warga sekitar untuk menggali informasi lebih dalam.

Beliau menambahkan bahwa setelah mengikuti hiking, peserta akan diberi tugas membuat sebuah tulisan tentang permasalahan yang ditemukan di lapangan dan solusi yang harus dilakukan untuk menyelesaikannya.

“Membaca saja tak cukup. Seorang santri yang cerdas harus bisa menggali masalah yang ada di sekitarnya dan menemukan solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Hal itu tentu harus berdasarkan dengan apa yang ia baca dan saksikan di lapangan,” ujar Riki Eka Putra yang juga seorang penulis. (Rahmi Yulianti/Diniyyah News)

You are here: Home News and Events Hiking Literasi Santri Diniyyah Puteri ke Kota Padang