Display Acara Proyek Karya Santri Diniyyah Puteri Padang Panjang

dps1

Kamis16 Desember 2021, Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang menyelenggarakan display proyek karya santri. Kegiatan ini diikuti oleh santri Madrasah Tsanawiyah Swasta Diniyyah Menengah Pertama (MTsS DMP), Sekolah Menengah Pertama Diniyyah Puteri (SMP DP) dan Madrasah Aliyah Swasta Kulliyatul Muallimat El Islamiyah (MAS KMI).

Acara pembukaan dimulai pukul 14.00-15.30 WIB bertempat di Aula Zainuddin Labbay dan ditutup dengan melihat  proyek santri Diniyyah Puteri. Kegiatan proyek ini merupakan program akhir semester yag diadakan dua kali setahun. Pada acra pembukaan salah satu santri Diniyyah Puteri Fazatil Husainah mempresentasikan hasil proyek santri yang disaksikanlah oleh seluruh tamu undangan.

Kabiro Bintal Kesra Bapak Syaifullah mengungkapkan dalam sambutannya berujar “ Bahwa kita harus punya skill dan proyek santri sangat beriovasi dan punya kreatifitas’

Dalam sambutannya bapak H. Edison M.Ag Kabid Urais yang mewakili kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Sumatera Barat juga mengungkapkan” Anak-anak kita luar biasa dalam menghasilkan karya dan ini sejalan dengan pendidikan agama”

 Proyek ini diikuti oleh 247 santri MtsS DMp dan SMP DMP dan 194 santri MAS KMI.Seluruh santri melakukan proyek individu yang meliputi proyek integrasi, literasi,media pembelajaran, video pembelajaran digital, sain dan teknologi, karya innovative, maket, seni budaya, kerajinan, media pembelajaran, quiz dan games dan produk makanan.

Dalam sambutannya Ibu fauziah fauzan mengungkapkan “ Santri harus mencapai level karya guna dalam pembelajarannya”. Ibu haslin Damora dari dinas pendidikan yang juga alumni Diniyyah Puteri Padang Panjang juga mengungkapkan” para santri luar biasa saya sampai spechless dan tidak menyangka santri Diniyyah Puteri terus berkembang dan luar biasa mereka keluar dari stigma pesantren yang biasanya hanya diidentikkan dengan mengaji namun mereka membuktikan dengan berkarya dan mampu berinovasi”. Salah seorang tamu Ibu Fatmawati Anwar dari MTsN Gantiang Padang Panjang juga berujar “ Banyak yang perlu ditiru dari acara display karya proyek santri Diniyyah Puteri ini untuk diterapkan disekolah lainnya”

dps2

Dalam Display kali ini mereka juga merancang proyek pasar kuliner Padang Panjang, taman serambi hijau dan juga Diniyyah outbond agro (DOA) yang diharapkan mampu ditindaklanjuti oleh pemerintah kota Padang Panjang.

Ibu Fauziah fauzan lebih lanjut juga mengungkapkan setiap display selalu ada inovasi dari tahun ketahun dan diharapkan untuk alat keperluan pendidikan seperti teka teki silang bahasa Arab (TTS) yang berguna bagi dunia pendidikan kita bisa memproduksinya lebih lanjut.

Santri KMI Rahmiwati juga mengungkapkan bahwa “ mereka sangat senang dan puas dengan proyeknya, dalam pembuatan karya  mereka juga  mengikuti zaman 4.0 yang menuntut untuk terus berinovasi dan karya display yang diciptakan santri juga mempunyai hak paten  dan ini juga menjadi momen pengenalan tentang Diniyyah Puteri kepada santri yang baru masuk”

Acara Display ini ditutup dengan jamuan makan hasil masakan karya santri yang disajikan di Arfa Café. Semua tamu undangan turut menikmati hasil masakan karya santri. ( Tasya Sabila /Diniyyah News)       

You are here: Home News and Events Display Acara Proyek Karya Santri Diniyyah Puteri Padang Panjang