Pendidikan Karya Guna dalam Proyek Santri Diniyyah Puteri

IMG_010s9.jpg

            Pendidikan itu sejatinya memiliki tiga level, yakni makna guna, daya guna, dan yang tertinggi adalah karya guna. Pendidikan karya guna inilah yang diterapkan pada pembuatan proyek karya santri Diniyyah Puteri sehingga tidak hanya belajar mengetahui dan menggunakannya tetapi juga menciptakan suatu karya dari pemikiran mereka. Hal itu diungkapkan oleh Fauziah Fauzan, SE, Akt. M.Si, Pimpinan Perguruan Diniyyah Puteri saat membuka Display Proyek Karya Santri Diniyyah Puteri.

Display Proyek yang dilaksanakan Sabtu 17 Desember 2022 dihadiri oleh guru, karyawan, beserta wali santri Diniyyah Puteri. Proyek yang diikuti oleh seluruh santri Madrasah Tsanawiyah Diniyyah Menengah Pertama (MTsS DMP) dan Madrasah Aliyah Swasta Kulliyatul Mu’allimat El Islamiyah (MAS KMI) ini menghadirkan 6 macam kategori karya meliputi literasi sebanyak 75 karya, media pembelajaran 36 karya, seni dan kerajinan 58 karya, sains dan teknologi 26 karya, quiz dan game 29 karya serta produk dan makanan 13 karya.

            Salah seorang wali santri, Dr. Dede Pramayoza, S.Sn. MA, mengapresiasi berbagai proyek yang dibuat oleh santri. Beliau mengungkapkan, “Proyek ini berhasil mengubah image dari sebuah sekolah pesantren, menyatakan bahwasanya santri juga mampu mengembangkan ide dan gagasannya mengenai literasi, sains, dan teknologi. Gagasan yang mereka tawarkan dalam karya mereka sederhana, tapi tidak semua orang memikirkannya. Bahan yang diolah menjadi produk pun bahan-bahan yang sudah tidak terpakai sehingga ini benar-benar menjadi sesuatu yang kreatif dan inovatif.”

            Sementara itu, Moh. Nazri, Pengarah Kurikulum Akademi Darul Ulum Malaysia yang berkesempatan mengunjungi display proyek karya santri mengungkapkan kekagumannya. Ia ingin mengaplikasikan kegiatan serupa di Darul Ulum, tempat ia mengajar. Ia pun berharap agar Santri Diniyyah Puteri terus berkarya dan lebih inovatif lagi ke depannya. (Tasya Sabila/Diniyyah News)           

           

You are here: Home News and Events Pendidikan Karya Guna dalam Proyek Santri Diniyyah Puteri