Santri Diniyyah Puteri Gelar Bazaar Makanan

IMG-20211123-WA0001

Kamis 18 November 2021, santri Madrasah Aliyah Swasta Kulliyyatul Muallimaat El Islamiyyah (MAS KMI) Diniyyah Puteri Padang Panjang mengadakan bazar makanan yang bertema “Indonesia Kuliner”. Kegiatan ini merupakan refleksi dari program jangka panjang KMI yang diadakan satu kali persemester.

            Bazar ini bertujuan untuk mengembangkan jiwa entrepreneur santri. Pendanaan diambil dari dana BOS ditambah dana kas PKM KMI. Tantangan utama kegiatan bazar makanan ini meliputi pembagian waktu antar anggota tim. Namun berkat tekad dan dukungan antar seluruh anggota tim, bazar dapat berjalan dengan sukses.

            Kegiatan ini merupakan program dari organisasi PKM (Persatuan Kulliyyatul Muallimaat) bidang E-Kraf (ekonomi kreatif). Penanggung jawab dari acara ini adalah Gubernur PKM KMI sedangkan yang menjadi ketua pelaksananya adalah Rafika Febriana, siswi kelas XII KMI. Koordinator masak sepenuhnya diserahkan pada Rahmadana Safitri dan rekannya Intan Putri Zamia.

IMG-20211123-WA0007

            Tema Indonesia Kuliner sengaja diambil karena cocok dan nyaman dengan semua lidah santri. Kegiatan ini juga merupakan wujud cinta tanah air.

            “Menu makanan pada kegiatan bazar ini diantaranya, siomay, dimsum roll, kwetiau basah, martabak mini serta tekwan, dan menu minumannya orange juice yang mereka namai sunset. Alasan penamaan sunset karena warna minuman ini yang mirip warna matahari ketika tenggelam serta waktu menikmatinya juga beriringan dengan terbenamnya matahari. Minuman lainnya yang tak kalah menarik juga untuk dicoba adalah “Berry Unyu”. Pemilihan nama pada menu disesuaikan dengan minat dan daya tarik pembeli,” ujar Fika ketua pelaksana.

            Makanan ditawarkan dengan cara menyanyi dan menari serta diiringi musik sebagai trik untuk menarik pelanggan. Selain sebagai bazar, acara ini juga menjadi ajeng hiburan yang menarik bagi santri. Terlihat dari raut kegembiraan yang hadir pada saat acara tengah berlansung.

    “Keuntungan bazar ini akan dikembalikan lagi pada tim E-Kraf, apakah akan dimasukkan seluruhnya ke kas atau sebagian labanya digunakan untuk syukuran kecil-kecilan dalam bentuk acara makan-makan sebagai apresiasai suksesnya acara kami,” ujar Fika. (Tasya Sabila/Diniyyah News)

You are here: Home News and Events Santri Diniyyah Puteri Gelar Bazaar Makanan