Cobalah lihat disekeliling kita! Bukankah sebenarnya alam Indonesia ini indah? Tumbuhan subur di mana-mana, perpohonan rimbun tinggi meneduhi jalan. Taman hijau dan subur. Dan begitu banyak panorama alam yang sungguh indah tak terbilang.

Namun sayang, lihatlah, sampah bertebaran dimana-mana, merusak pemandangan indah yang seharusnya membuat sejuk mata. Sungguh sangat mengganggu. Kenapa kita harus menyia-nyiakan hal yang sangat berharga itu? Apakah kita sanggup membayar segala kerusakan yang telah kita buat.

Hampir setiap hari, bahkan setiap saat kita bertemu dengan sampah. Tapi, apakah tergerak hati kita untuk mempedulikannya? Mungkin tidak, bahkan hanya untuk sekedar memungutnya dan memasukkanya ke tempat sampah pun tidak. Namun yang lebih parah lagi, yah, siapa lagi kalau bukan sipemilik sampah? Apa susahnya berjalan sebentar ketempat sampah dan memasukan sampah itu kedalam tempatnya? Atau bahkan sekedar mengulurkan tangan untuk memasukan sampah ke tempat sampah.

Seharusnya kita bisa lebih peduli lagi soal ini. Karena, bukankah lingkungan ini milik kita juga? Bukankah kita bisa menyelamatkan bumi ini dari sampah hanya dengan bertanggung jawab dengan sampah sendiri? Karena itu, mulailah hal kecil itu dari sekarang, sebelum semuanya terlambat. (Fathya Izzatunnisa/MTs DMP Diniyyah Puteri)