Santri Diniyyah Puteri lolos seleksi MYRES

nama.jpg

            17 Juli 2022, 2 orang santri Madrasah Aliyah Swasta Kulliyyatul Mu'allimat El Islamiyyah (MAS KMI), Naila Amalia Ridwan dan Syalsya Rahma Abene lolos seleksi tahap pertama kompetisi Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRES). Judul proposal penelitiannya adalah Pemanfaatan Limbah Plastik (Polymer Carbon) terhadap ketahanan cat tembok. Mereka memilih kompetisi MYRES di bidang ilmu matematika, sains dan pengembangan teknologi.

            MYRES merupakan sebuah lomba karya tulis ilmiah siswa madrasah berbasis riset badi siswa tingkat MTs dan MA. Lomba ini rutin dilaksanakan setiap tahun oleh Kementerian Agama (Kemenag) dan mempunyai tiga bidang lomba yang bisa diikuti yaitu ilmu keagamaan islam, ilmu sosial dan kemanusiaan, ilmu matematika, sains dan pengembangan teknologi.

            Pengambilan judul pemanfaatan limbah plastik terhadap ketahanan cat tembok ini merupakan hasil dari kekhawatiran terhadap permasalahan sampah di dunia terkhusus Indonesia. Pemanfaatan limbah plastik menjadi bahan untuk kethanan produksi cat tembok dipabdang menjadi solusi yang tepat.

            Santri yang lolos tahap pertama kompetisi ini melakukan presentasi proposal secara online dihadapan para juri MYRES pada 22 Juli 2022. Sebelum presentasi secara nasional mereka mendapat pendampingan dari Kanwi Kemenag Sumatera barat via zoom dengan pemateri Maifalinda Fatra,S.Ag,M.Pd, dosen UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

            “Saya berharap para santri yang lolos menjadikan kesempatan ini sebagai ajang menambah ilmu pengetahuan, menambah kemampuan di bidang riset dan memaksimalkan usahanya untuk memberikan hasil yang terbaik” ujar Yusmaneli, kepala MAS KMI Diiniyyah Puteri.

            Yudya Azhari,S.pd sebagai pembimbing mengungkapkan rasa harunya. Ia mengucap syukur dengan hasil tahap pertama. Ini berupa kejutan yang luar biasa mengingat judul penelitian yang diangkat bertema sains. Ia berharap anak didiknya mampu berlaga sampai tahap akhir MYRES yaitu tahap 6 besar.

            Santri yang lolos tahap pertama MYRES, Syalsya Rahma Abene mengungkapkan “Dengan lolosnya saya di ajang perlombaan MYRES ini saya berharap anak-anak muda lebih peka terhadap lingkungannya dan berpikir untuk kebaikan bangsa dan negaranya, serta berkontribusi dalam pemecahan masalah bangsa terutama dibidang lingkungan”(TasyaSabila/DiniyyahNews)

You are here: Home News and Events Santri Diniyyah Puteri lolos seleksi MYRES